Wellcome

Wellcome
Kelompok 5 Yg imut2

Selasa, 09 Juni 2009

JARINGAN KOMPUTER


Jaringan Komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer berserta peralatan pendukungnya yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya pertukaran data/ informasi tanpa harus memindahkan media penyimpan secara fisik.

Fasilitas

Mengakses (membaca, mengkopi, mengedit, mencetak) data/ file yang tersimpan di komputer lain secara langsung tanpa menggunakan disket,CDROM, atau flash disk.

Menggunakan periferal yang terpasang di komputer lain, misalnya printer.

Mengirim pesan ke pengguna komputer lain.

Menjalankan program yang tersimpan di komputer lain.

Manfaat

Menghemat biaya karena memungkinkan penggunaan bersama (sharing) periferal komputer dalam jaringan.

Menghemat kapasitas/ memori media penyimpan (hardisk) karena dimungkinkannya pengaksesan file dari komputer lain sehingga tidak harus melakukan pengkopian.

Memungkinkan pengerjaan suatu proyek bersama dalam jaringan sehingga membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif

Mempermudah dan mempercepat pertukaran informasi.


MACAM – MACAM JARINGAN KOMPUTER

A. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi

1. Terpusat/ berbasis induk (host based network)

Karakteristik

Komputer induk (host) menyimpan semua data dan program aplikasi serta melaksanakan semua atau hampir seluruh pemrosesan data.

Komputer terminal (workstation) hanya berfungsi sebagai peralatan bagi pemakai untuk mengakses komputer pada saat mengakses informasi atau menjalankan programaplikasi.

Terminal pada jaringan berbasis induk dapat berupa terminal bisu (dumb terminal), yang tidak memiliki prosesor sendiri, sampai terminal cerdas, yang memiliki prosesor (CPU) sendiri dan dapat melakukan pekerjaan tanpa bantuan komputer induk.

2. Terdistribusi (distributed network)

Karakteristik

Memiliki beberapa komputer induk sebagai pusat-pusat layanan (server)data/ infomasi dan program-program aplikasi yang dapat di akses dari berbagai terminal.

pesan dapat dikirim dari sebuah terminal ke komputer induknya, ke simpul lain, atau terminal lain.


B. Berdasrkan Jangkauan Wilayah Geografis

1. LAN

Merupakan bentuk jaringan komputer berjangkauan kecil. Dua komputer yang terhubung sudah merupakan LAN.

2. MAN

Merupakan jaringan komputer berjangkauan yang menentang di suatu wilayah metropolitan (sebuah kota besar dan daerah sekitarnya)

3. WAN

Merupakan jaringan yang mencakup wilayah geografis luas seperti provinsi, pulau, negara, benua, bahkan seluruh dunia (jangkauan di atas 50 km).


C. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam proses pertukaran data

1. Client-server

Merupakan jaringan yang memisahkan komputer klien (client) dan komputer server.

Komputer klien mengajukan perminyaan data/ informasi atau menjalankan program yang tersimpan di komputer server sedangkan server menyediakan layanan data/ informasi tersebut.

2. Peer to peer (P2P)

Dalam jaringan peer-to-peer, setiap komputer dapat bertindak sebagai klien sekaligus server dan mempunyai fungsi yang sepadan. Jadi, dalam jaringan P2P sebenarnya tidak dikenal istilah server dan klien. Jaringan P2P biasanya digunakan untuk berbagi (sharing) dokumen dan ruang penyimpan (storage) atau sumber daya yang lain.


D. Berdasarkan media transmisi yang digunakan

1. Jaringan berkabel

Pada jaringan berkabel, setiap peralatan komputer hanya dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang secera fisik terhubung dengannya.

2. Jaringan nirkabel

Sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan penghantar fisik (kabel), sehingga dapat di terima oleh siapa saja yang mampu menangkapnya.

Jangkauan frekuensi (selisih frekuensi tertinggi dan terendah) dikenal daengan band atau bandwidth, dan menyatakan ukuran besarnya informasi yang dapat dikirim per satuan waktu kecepatan transmisi. Frekuensi diukur dengan satuan hertz (Hz). Semakian lebar bandwidth semakin cepat transmisinya.


KOMPONEN – KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

Sebuah jaringan komputer dibangun dengan menggunakan 2 komponen pokok

A. Hardware Jaringan

Terdiri atas komponen – komponen fisik berupa perangkat komputer untuk server dan workstation, media transmisi, antar muka jaringan serta periferal pendukungnya.

Contoh : CPU, Monitor, Keyword, dll.

B. Software untuk Jaringan

1. Software Jaringan

Terdiri atas program – program komputer yang menyediakan beberapa protokol. Protokol dilakukan dengan mengirim dan menerima perintah terformat mengenai data yang disebut paket.

2. Software Aplikasi Jaringan

Terdiri atas program – program komputer yang langsung digunakan oleh pengguna jaringan dan memungkinkannya untuk berbagi informasi dalam bentuk file, grafik, video, dan sumber- sumber daya jaringan seperti printer dan hardisk.

Software aplikasi dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu:

Client-server

Komputer mengirimkan permintaan informasi atau ijin untuk menggunakan sumber daya jaringan ke komputer server. Komputer server mengontrol dan melayani penggunaan data dan program aplikasiserta sumber daya jaringan.

Peer-to-peer

Komputer mengirim pesan dan permintaan langsung ke komputer lain tanpa perantara server.


KONFIGURASI SAMBUNGAN

Merupakan cara dua atau lebih peralatan terhubung satu sama lain membentuk link

Terdapat dua macam konfigurasi sambungan

1. Point to point

Setiap sambungan (link) digunakan untuk menghubungkan dua peralatan jaringan. Sambungan menggunakan kabel maupun tanpa kabel (melalui gelombang mikro, sinar infra merah, atau gelombang radio.

2. Multipoint

Disebut juga multidrop. Pada sambungan ini, satu kabel atau link diginakan untuk menghubungkan beberapa peralatan jaringan. Kabel utuma merupakan backbone yang menjadi penghubung ke semua peralatan jaringan. Setiap peralatan jaringan terhubung (didrop) ke kabel utama sehingga dapat terhubung ke peralatan lain.


MODUS TRANSMISI

Modus transmisi digunakan untuk menjelaskan bagaimana arah perjalanan sinyal dari satu komputer ke komputer lain. Terdapat tiga modus transmisi data, yaitu:

1. Simplex

Transmisi data berlangsung satu arah, seperti arus lalu-lintas pada jalan raya satu arah. Pada setiap link, hanya salah satu piranti yang dapat mengirim pesan/ sinyal sedangkan piranti yang lain hanya menerima pesan/ sinyal tersebut.

2. Half Duplex

Transmisi data dapat terjadi secara dua arah namunharus bergantian (tidak dalam waktu bersamaan). Pada saat salah satu alat mengirimkan sinyal, alat yang lain hanya dapat menerima sinyal.

3. Full-Duplex

Aliran data dapat terjadi dalam dua arah pada saat yang bersamaan. Kedua komputer di setiap link dapat saling mengirim dan menerima data sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar